Jumat, 17 Juni 2011

global warming come to Jakarta

lo suka ngerasa engga sih kalau lagi siang-siang apalagi kalo udah jam 12 siang teng sinar matahari berasa panas banget? malah kadang-kadang bikin pusing kepala?

nih bayangin, udah Jakarta jam 12 lagi macet-macetnya karena jam makan siang, banyak bunyi klakson yang bikin kuping pengang, asap knalpot plus debu dimana-mana, TENANG banget ya hidupnya?? sekarang kan lagi ngetren tuh yang namanya global warming. nah global warming bukan berarti dunia tiba-tiba jadi anget, ya bukan lah. global warming atau pemanasan global akhir-akhir ini marak terjadi karena katanya ozon kita berlubang dan perlu ditambal -iya dong, apa-apa yang bolong pasti ditambal, ban aja kalo bolong ditambal?- ozon bukannya smp 109 yang di jakarta timur, nah itu malah makin jauh lagi. nah sekarang apakah itu Ozon?

Ozon adalah gas tak berwarna. Secara kimiawi, ozon sangat aktif; yang bereaksi dengan cepat dengan banyak sekali bahan lain. Di dekat permukaan bumi, reaksinya dapat menyebabkan karet pecah/retak, merusak hidup tanaman, dan merusak jaringan paru-paru. Tapi ozon juga menyerap komponen berbahaya sinar matahari, yang dikenal dengan “ultra violet B” atau “UV-B”. Jauh di atas permukaan, bahkan jauh di atas sistem cuaca, selapis tipis ozon menyerap UV-B, melindungi kehidupan di bawahnya.

soo, dari penjelasan di atas tadi kita bakalan sangat berterimakasih sama ozon karena sudah menyerap komponen-komponen berbahaya, karena ozon lah yang melindungi kita dari sinar matahari yang sebenernya sangat amat lah terik sekalee, apalagi buat cewe yang takut banget kulitnya jadi item, bersyukurlah bumi mempunyai ozon.

tetapi, tiba-tiba ozon jadi berlobang-lobang, yang mengakibatkan sinar matahari yang belum difilter itu langsung turun ke bumi. nah ulah siapa kah itu?? ada yang bisa jawab??? yang pasti bukan karena ada raksasa buto ijo di luar angkasa sana yang suka bolong-bolongin ozon, atau karena ultraman cosmos dan kawan-kawan penyelamat bumi lainnya engga bisa ngelindungin bumi -yaampun, ultraman cosmos aja udah zaman kapan sih??- pelakunya adalah : KITA!!

tapi emang kitanya juga yang engga nyadar sih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar